Tuesday, July 12, 2016

Asinan sedap Gedung Dalam

Di dalam larutan berwarna merah tersebut terdapat potongan 5 jenis buah ditambah satu jenis umbi. Potongan nenas, pepaya, bangkuang atau bengkuang, apel, salak dan ubi merah berukuran tipis tetapi lebar terendam dalam larutan merah.
Itulah kira-kira gambaran singkat sebuah kuliner yang bisa dikata merupakan salah satu legenda oleh-oleh di Kota Bogor, Asinan Sedap Gedung Dalam.
Namanya sering disingkat menjadi Asinan Gedung Dalam saja atau Asinan Gedong Dalem. Yang manapun yang dipakai, warga Bogor pasti sudah sangat mengenalnya.

Keistimewaan Asinan Sedap Gedung Dalam

Asinan Sedap Gedung Dalam


Asinan Sedap Gedung Dalam sendiri memang memiliki ciri khas. Pedas dan asam tetapi tidak menyengat.
Larutan yang dipergunakan untuk merendam buah tidak membuat hidung sesak karena sengatan bau asam. Mungkin, hal ini terjadi karena pencampuran larutan dengan bahan buah atau sayur dilakukan secara mendadak.
Staff Asinan Gedong Dalem baru mencampurkannya beberapa saat ketika pembeli datang. Mereka tidak mencampurkannya ketika pembeli tidak ada.
Selain itu, tidak ada bahan pengawet yang digunakan. Merahnya larutan untuk sebungkus asinan merupakan warna merah cabe dan bukan pewarna.
Sayur dan buah yang dipergunakan pun selalu dalam kondisi segar dan dari kualitas yang bagus. Bahan-bahan ini tentunya dicuci bersih sebelum dipotong. Pengolahannya pun higienis.
Mengenai rasa sendiri? Persaingan dunia asinan di Bogor sangatlah ketat. Banyak sekali berbagai merek asinan Bogor muncul.
Bertahannya nama Asinan Sedap Gedung Dalam selama lebih dari 30 tahun, sudah pasti menunjukkan mengenai konsistensi kualitas dan rasanya.
Itulah mengapa bisa dikata, Asinan Sedap Gedung Dalam bisa dikategorikan sebagai salah satu legenda oleh-oleh khas Bogor. Hingga sekarang, asinan ini masih tetap diburu oleh para pelancong yang datang ke Kota Hujan.

No comments:

Post a Comment